Tuesday, March 24, 2020

Analisa Lengkap Usaha Toko Plastik Modal Kecil Disertai Manajemen Toko Plastik Untuk Pemula

  Deka pradifta       Tuesday, March 24, 2020
Usaha Toko Plastik – tahukah anda bahwa saat ini kebutuhan plastik sudah sangat meningkat sekali, tidak hanya kantong plastik saja, akan tetapi kebutuhan kresek dan berbagai macam plastik sudah sering sekali dipakai masyarakat, nah hal ini bisa anda manfaatkan dengan membuka usaha toko kantong plastik.

Coba anda bayangkan saja, dalam satu harinya satu buah toko mampu menghabiskan puluhan bahkan ratusan kantong plastik, jika beberapa toko, mungkin ada ribuan kantong yang bisa dihabiskan. Jadi peluang ini bisa kita manfaatkan..
toko penjual aneka plastik
Memang pada dasarnya toko plastik sering kali menyajikan berbagai macam kantong, contohnya ada warna hitam, merah, hijau, biru, dan lain sebagainya.

Bahkan ada juga dengan ukuran kecil, tanggung, besar, serta dengan berbagai macam kualitas yang disuguhkan.

Itu cuma beberapa kantong plastik saja, ternyata masih ada barang industri yang terbuat dari bahan plastik, contohnya saja cover dan bungkusan makanan, hal ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat.

Tahukah anda bahwa dalam membuka toko plastik ternyata membutuhkan modal yang cukup besar, hal ini dikarenakan oleh harganya plastik yang melambung tinggi, belum lagi harga sewa tempatnya.

Mungkin dana yang dibutuhkan sekitar 10-15 jutaan tts online untuk sekali membuka usaha disertai dengan barang dagangan plastiknya tersebut.

… ini sudah menjadi masalah dalam sebagian orang. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, sebab ada tips lain untuk mengatasi masalah modal

Peluang Usaha Toko Plastik Untuk Pemula


Bila anda bertanya berapakah keuntungan yang bisa di dapatkan dari membuka usaha seperti ini ? pernah waktu itu saya bicara dengan dengan salah satu sales toko plastik, dari segi keuntungan ternyata ada perbedaan harga yang mencapai 20-40% harga pabriknya.

Tahukah anda bahwa orang yang sukses mendirikan bisnis toko plastik biasanya tidak langsung membayar apabila ada kiriman dari suatu pabrik, terlebih dahulu mereka hanya menjualkannya dan untuk membayar bisa dilakukan ketika datang kiriman berikutnya dari pabrik.

Nah inilah rahasianya jika ingin sukses menjalankan usaha, jadi jangan heran bila banyak orang yang membuka toko plastik cepat besar, sebab mereka tidak harus membayar diawal.
penjual plastik dan juga bahan bahan kue
Pabrik biasanya lebih prioritas kepada pelanggan yang membuthkan stok plastik dalam jumlah yang besar, contohnya saja ialah toko ataupun industri, kadang kala pabrik akan memberikan potongan harga kepada calon pelanggan tadi.

…namun hal ini anda harus menjadi pelanggan tetap di pabrik plastik tersebut, nanti aka nada kepercayaan antara kedua belah pihak.

Analisa Usaha Toko Plastik


Sebenarnya untuk modal memang cukup murah bila diawal anda sudah memiliki toko kelontong ataupun warung sembako, sedangkan jika anda seorang pemula yang ingin memulainya, alangkah baiknya simak saja berapa modal awal yang dibutuhkan dibawah ini:

pengeluaran modal tetap:


membeli etalase kaca untuk bagian depan ialah Rp 1.500.000
membeli rak kayu untuk bagian belakang ialah Rp 2.000.000
membeli alat hitung ataupun mengenai tulis pembukuan Rp 50.000

Total semuanya yakni Rp 3.550.000

pengeluaran dalam biaya produksi


modal biaya untuk membeli aneka macam plastik Rp 3.000.000

Total jumlah sekitar 3.300.000
hitungan total biaya keseluruhan yakni : Rp 6.850.000
note : hitungan modal diatas belum termasuk sewa kiosnya

perhitungan keuntungan


Perlu diingat juga dalam perhitungan margin keuntungan yang kita dapatkan bila terjadi penjualan plastik berkisar antara 5-10%, ini untuk plastik yang ukuran kecil.

Sedangkan untuk ukuran besar bisa mencapai estimasi margin antara 10-20% per ikat.

Misalnya saja kita asumsi rincian dalam sehari anda bisa menjual 30 ikat plastik kemasan, sedangkan untuk jenis plastik seperti bungkus roti, snack, polybag antara 20 an, dan untuk plastik besar seperti terpal, mulsa, dll dalam sehari terjadi penjualan 5.

nah untuk asumsi seperti ini bisa kita ketahui perhitungannya. bila 5-10% yakni 500-1000

30 ikat plastik kemasan x margin 700 = 21.000
20 jenis aneka plastik x margin 1000 = 20.000
5 plastik besar x margin 5000 = 25.000

Total estimasi keuntungan yang didapatkan : 66.000 per hari, total hitungan 1.980.000 untuk per bulan.

Memilih lokasi yang tepat untuk berjualan


Penentuan lokasi yang strategis harus anda perhatikan agar usaha tersebut bisa berhasil dan cepat besar dalam jangka panjang
penjual toko plastik di pinggir jalan
Sering kali yang menjadi pertanyaan ialah “dimana saya bisa memilih lokasi usaha yang cocok untuk jualan nantinya ?

Bisa anda simak dibawah ini mengenai beberapa kriteria yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha agar bisa berjalan dengan mulus, pastinya lebih cepat mendatangkan pembeli

  • Biasanya pemilihan kios warung atau toko untuk anda sewa lebih tepatnya di sekitar area perbelanjaan, sebab di area tersebut sangat sering dilalui banyak orang untuk membeli keperluan belanja mereka. Contohnya di dekat supermarket, dekat pasar, pusat perbelanjaan, dan lain-lain.
  • Area pinggir jalan, alangkah baiknya pilih pinggir jalan yang sering dilewati oleh kendaraan, jangan di area sepi. Kalau bisa pilih jalan yang menuju pusat perbelanjaan.
  • Jangan menyewa toko bila pada area tersebut terdapat grosir toko plastik, sebab sangat sulit mendapatkan calon konsumen.
  • Jangan pernah memilih tempat yang dimana area jalan tersebut sering dilalui oleh kendaraan besar, contohnya ialah tronton, alat berat, maupun bis jarak jauh. Saya menyarankan lebih memilih lokasi pinggir jalan yang sering dilewati masyarakat menuju area pasar.
  • Alangkah lebih baiknya jangan berjualan di lokasi pedesaan, karena hal ini kurang prospektif untuk bisnis jangka Panjang, apalagi anda memulai dengan dana besar. Sebaiknya pertimbangkan bila memilih jualan di desa, jangan lupa kalkulasikan juga kemungkin pengembalian modalnya.

Mendapatkan Paket Stok Jualan


Yang perlu diperhatikan selain pemilihan lokasi yakni bagaimana anda bisa mendapatkan paket maupun stok barang jualan nantinya

baca juga Peluang Usaha Menggiurkan Titip Jual Makanan Dagangan Ke Warung Dan Toko Konsinyasi (Penjelasan Lengkap)

Bila sudah mendapatkan penyetok barang, pastinya anda akan lebih mudah menawarkan dagangan tersebut kepada calon pembeli, apalagi anda sudah mempunyai supplier penyetok tangan pertama.

Tentu akan memudahkan dalam bersaing harga jual, sebab ada tawaran harga terbaik untuk anda.
Permasalahanya mungkin darimana kita bisa tahu penyetok plastik dengan harg terbaik?

Yang menjadi masalah yakni anda tidak tahu bagaimana mencari penyetok plastik tangan pertama yang dekat dengan kota anda.

Tenang saja…beruntungnya disini ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mencari grosir maupun distributor toko plastik yang ada di lokasi terdekat anda.

Ada beberapa metode yang bisa dijadikan acuan untuk mencari grosir ataupun distributor plastik terbaik di daerah terdekat. Kita cukup memanfaatkan pencarian search engine google untuk mengetahui semua informasi tersebut.

Dengan lebih mudahnya anda akan menemukan penyetok yang menawarkan harga murah kepada pelanggan.

Contoh sederhananya, saya ingin mencari grosir di kota bandung, maka saya cukup mengetikan keyword di google “distributor toko plastik bandung”
mencari distributor di bandung
nanti secara otomatis google akan menampilkan tentang queri yang saya cari, perhatikan gambar dibawah ini. Anda bisa menyesuaikan berdasarkan kota masing-masing.

Pilih dan jangan lupa seleksi grosir mana yang memberikan harga murah kepada anda, perhatikan juga kualitasnya, jangan sampai harga murah merusak kualitas yang mereka tawarkan.

Tidak hanya dengan mesin pencari google saja yang bisa anda manfaatkan, namun media sosial juga bisa digunakan untuk mencari distributor. Biasanya pabrik ataupun toko besar sudah memiliki jaringan yang terhubung dengan Instagram dan juga facebook.

Cara lain yang bisa anda manfaatkan berikutnya ialah mencari teman yang memiliki usaha sejenis, mintalah kepada mereka mengenai informasi tentang pengusaha toko plastik.

Cari tahu dimana penyetok tangan pertama yang memberikan harga termurah dan juga terjangkau, usahakan dari daerah yang berbeda.

Apabila anda masih bingung juga, maka alternatif lainnya untuk menambah informasi bisa dengan mencari karyawan yang memang sudah berpengalaman pada bidang tersebut, terutamanya sudah lama bekerja bertahun-tahun.

Kelebihan mencari karyawan yang berpengalaman ternyata dapat menambah wawasan anda mengenai informasi grosir maupun distributor toko kemasan plastik. Tidak hanya itu saja, akan tetapi akan lebih memahami bagaimana cara memilih barang dagangan yang benar

…serta tahu juga mengenai barang yang harus di stok dalam jumlah banyak maupun yang tidak

“bagaimana mencari karyawan seperti ini ?”

Cara yang bisa anda lakukan yakni dengan memosting sesuatu di media social, contohnya ialah “dibuka lowongan pekerjaan untuk karyawan”. Gunakan social media seperti facebook untuk mencari karyawan.

Jangan lupa tambahkan kriteria karyawan seperti apa yang anda inginkan, sertakan jam kerja, dan juga gaji yang ditawarkan.

Tips promosi supaya cepat laku


Apabila semua persiapan plan sudah anda rencanakan, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan ialah promosi atau pemasaran usaha agar calon konsumen bisa datang lebih banyak

Walaupun usaha yang saat ini anda tekuni masih kecil, tentu tidak ada salahnya untuk melakukan promosi. Hal ini bertujuan supaya barang dagangan bisa diketahui oleh banyak orang.

Hanya saja teknik marketing yang kita lakukan berbeda dengan strategi promosi lainnya, ini tergantung dari seberapa luas dan juga seberapa besar usaha anda.

1. pertama anda harus membuat spanduk dengan nama usaha sendiri, buatlah semenarik mungkin dan mudah di ingat oleh orang lain. Buat dalam bentuk besar.

2. tawarkan dan juga perkenalkan usaha anda kepada orang lain, terutama orang terdekat seperti keluarga, saudara, teman dekat, dan lain sebagainya. Katakan kepada mereka bahwa “ada bonus tertentu jika mengantarkan pembeli dan belanja dengan nominal tertentu kepada saya”

3. gunakan kecanggihan teknologi untuk mempromosikan bisnis, contohnya bisa dengan memanfaat jejaring social facebook. Masuk ke komunitas jual beli local untuk menawarkan sesuatu.
mencari grub jual beli
4. coba buatlah selembar kartu diskon yang bertuliskan harga murah untuk calon pelanggan. Hal ini supaya mereka betah berbelanja ke toko anda di hari berikutnya.

Diatas adalah penjelasan mengenai cara promosi yang baik dan benar untuk bisnis, silakan saja anda terapkan, buktikan hasilnya, pasti luar biasa.

baca juga Analisa Lengkap Usaha Jual Pulsa Dan Voucher Paket Data Internet Yang Menggiurkan

Disamping promosi, kita juga bisa mencoba strategi pemasaran atau marketing ketika usaha masih dalam keadaan sepi

Strategi pemasaran yang ampuh


1. terapkan sistem konsinyasi yakni dengan mendatangi toko toko atau warung lainnya, tawarkan mengenai benefit barang dagangan anda. Cara seperti ini mirip dengan sistem jemput bola yaitu bagi hasil dengan pemilik warung.

Jangan pernah malu untuk menitipkan barang jualan, mereka akan senang jika ada keuntungan yang didapatkan.

Lakukan pertimbangan terlebih dahulu kepada pemilik warung tentang membagi keuntungan, bila perlu pasang juga stiker pada kemasan dagangan anda.

2. cobalah datangi para pengusaha UMKM, contohnya seperti pembuat cemilan, pembuat snack, mereka yang menjual es, maupun jajanan keliling lainnya. Tentu mereka akan membutuhkan kemasan plastik untuk mengemas jualannya.

Manfaatkan cara kedua untuk menjaring pelanggan tetap, sebab mereka adalah UMKM yang terus membutuhkan plastik.

3. kunjungi juga rumah makan, tawarkan kemasan plastik kepada mereka, berikan jga harga khusus, tentu dengan senang hati mereka akan menerima dagangan anda.

Bila ditolak, jangan menyerah, tetap tawarkan, dari beberapa warung makan pasti ada yang menerima dagangan anda dan bisa saja menjadi pelanggan tetap

4. berjualan online juga bisa dilakukan, anda bisa memasarkan produk plastik ke marketplace maupun social media.
marketplace shopee
Hal ini tergantung dari seberapa serius dan seberapa besar usaha yang anda mulai, jika niatnya serius ingin meningkatkan penghasilan lebih banyak, maka lakukan hal yang berbeda.

Cara sederhana yang bisa dicoba ialah berjualan di facebook dan Instagram, biasanya facebook akan lebih efektif, karena disana anda bisa menemukan komunitas jual beli lokal dan juga lebih spesifik terhadap produk yang ditawarkan.

Untuk tingkat lanjut bisa gunakan e-commerce sebagai strategi marketing, beberapa marketplace terbaik saat ini ialah shopee, tokopedia, bukalapak, dan lain-lain

Baca juga: Cara Dapat Voucher Gratis Ongkir Shopee
.

Tambahkan juga nilai lebih 


Kunci untuk mendaptkan pelanggan tetap yakni anda harus bisa memberikan nilai lebih pada bisnis, ini akan membantu usaha plastik anda dalam memenangkan persaingan dengan competitor.

  • Tambahkan benefit pada toko anda, intinya berbeda dengan toko orang lain, anda bisa meniru apa yang saya sebutkan dibawah ini. Terlihat simple :
  • Harga yang tidak terlalu mahal. Untuk mengakali produk yang nilai jualnya lumayan, silakan tambahkan pula bonus seperti buy 1 get 1 atau limited edition
  • Kualitas juga harus diperhatikan, jangan sampai plastik anda rusak atau robek
  • Berikan kenyamanan, bisa dengan ruangan bersih dan tidak bau
  • Parkir harus gratis, jangan pernah berbayar, sebab itu calon konsumen anda
  • Tawarkan bonus, dan lain sebagainya,

tips untuk melayani pembeli agar laris


1. penampilan bersih dan rapi. Pembeli akan sangat menyukai dengan tampilan anda yang bersih dan juga rapi, setidaknya buatlah ruangan yang wangi dan tidak berbau,
berjualan plastik dan bahan kue di toko
begitu juga sebaliknya, bila anda mempunyai karyawan, terapkan SOP kerja yang benar, nah dengan itu toko anda akan terlihat menarik dan nyaman untuk dikunjungi pelanggan setiap harinya.

2. harus ramah. Perlu di ingat ramah disini dalam arti melayani pembeli secara welcome, bila ada pembeli silakan anda berikan senyuman ramah kepada mereka, bila perlu sapa mereka dengan sopan, intinya anda harus bisa menciptakan suasana yang bersahabat.

Jangan pernah sesekali untuk membedakan pelanggan, jangan melihat dari penampilan mereka maupun latar belakangnya. Ucapkan terima kasih bila mereka selesai berbelanja di toko anda

3. maksimalkan pelayanan. Tidak hanya ramah saja yang perlu di prioritaskan, akan tetapi memaksimalkan pelayanan harus diperhatikan juga, sebab tidak semua pelanggan sabar, biasanya beberapa dari mereka tidak sabar dalam menunggu.

Bila perlu tambahkan sistem jemput bola, seperti menambahkan layanan antar ke rumah (ini hanya opsional saja).

Harus selalu menerima kritik maupun saran dari pelanggan kita, sebab kritik yang membangun bisa anda jadikan acuan untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Biasanya pelanggan yang memberikan kritik akan menjadi pembeli loyal.

4. berikanlah perlakuan yang wajar. Ketika anda sudah mulai berjualan, alangkah baiknya berikan perrlakuan wajar, artinya jika ada pelanggan yang membeli dengan jumlah sedikit maka jangan membedakan segi pelayanan dengan pelanggan yang membeli dalam jumlah besar.

Kebutuhan setiap orang itu memang berbeda-beda.

5. nilai harga. Perlu diingat disini bahwa harga murah yang ditawarkan belum tentu bisa bersaing, jadi jangan selalu beranggapan juga bahwa harga murah adalah sebuah solusi. Namun dibalik itu jangan juga menawarkan harga terlalu tinggi dari pasaran.
beli produk 1 gratis 1
Untuk mengakali permasalahan seperti ini anda tidak perlu melakukan perang harga, cukup berikan nilai lebih pada bisnis itu sendiri, contohnya bisa dengan pelayanan yang ramah, produk fresh, hadiah, bonus, layanan antar, dan lain sebagainya.

Ingat..anda harus selalu memegang prinsip “meraup untung sedikit, namun lebih tahan lama”, dibandingkan dengan meraup keuntungan diawal, akan tetapi tidak dapat bertahan lama.

Selalu perhatikan juga harga pasaran, hal ini supaya dapat menjaga kestabilan harga dengan pedagang lainnya terutama competitor.

6. berikan informasi yang valid. Dalam berbisnis jangan pernah berbohong ataupun melakukan muslihat hanya demi meraih keuntungan,

 anda harus jujur dan berikan mereka informasi apa adanya. Jangan dilebih-lebihkan ataupun dikurang-kurangi, bisa saja mereka tidak percaya lagi kepada anda.

Untuk informasi seperti ini bisa berkaitan dengan produk yang dijual, contohnya saja ialah jumlah timbangan, expired produk, mutu, fungsi, dan lain sebagainya.

Jangan pernah untuk membuat pembeli kecewa kepada anda, hal inidapat menimbulkan ketidakpercayaan antara kedua belah pihak. Tentu saja mereka enggan kembali ke toko anda…

7. jangan malu meminta saran. Kritik maupun saran yang dikatakan pembeli bisa menjadi acuan anda untuk memperbaiki kekurangan pada toko, sesekali anda bisa bertanya mengenai keluh kesah mereka ketika berbelanja ke toko anda, terutama pelayanan dan merk produk.

Dengarkan semua saran yang mereka sebutkan, jangan pernah menganggap bisnis anda paling baik diantara yang lainnya. Perlu diketahui bahwa sekecil apapun masalah, hal ini bisa membuat pelanggan enggan kembali ke toko anda.

Keuntungan bisnis jual plastik kresek


1. tidak bisa expired


Pada dasarnya bahan dasar kresek terbuat dari bahan sintetis, jadi jangan heran bila bahan ini tidak dapat basi ataupun expired walaupun kita kubur dalam tanah bertahun-tahun.
rak berjualan produk plastik
Sebenarnya materi seperti ini sudah kita pelajari sejak jaman sekolah dulu waktu duduk di bangku SMP, artinya konten ini masih saja relevan dengan apa yang saya sampaikan.

Jadi kesimpulannya apa ?

Kita tidak perlu pusing lagi untuk memikirkan expired pada produk dagangan tersebut. Bila tidak laku, kita kita perlu membuangnya, sebab plastik tida bisa basi dan lama kelamaan juga pasti laku dibeli orang lain.

2. prospek tidak ada matinya


Dalam sehari-hari memang kebutuhan plastik terus meningkat, jadi prospek ini sangat bagus untuk anda manfaatkan dalam membuka peluang bisnis. Coba pikirkan saja sejenak, apakah ada orang yang tidak memakai kantong plastik dalam sehari-harinya ?

Pasti tidak ada…

baca juga Ambil Franchise Angkringan Atau Buka Angkringan Sendiri, Cek DISINI !!

Semua orang tentunya membutuhkan plastik dalam kehidupan sehari-hari mereka, entah itu ketika berbelanja, membungkus makanan, untuk bahan kue, olahan bahan roti, maupun kebutuhan industry lainnya memerlukan kantong plastik.

Jika anda berkunjung ke minimarket ataupun pasar tradisional pasti sudah tidak asing lagi dengan yang Namanya kantong belanja kresek…sangat mudah dijumpai.

Coba hitung saja berapa ton dalam sehari jumlah kantong kresek yang terkumpul ? bisa mencapai puluhan kilo bahkan beratnya berton-ton.

Nah sekarang jangan heran untuk tiap tahunnya selalu saja bertambah bisnis seperti ini, karena prospek tidak ada matinya, selalu berkembang dan tidak bisa meredup.

Di lingkungan sekitar kita sudah pasti ada yang namanya plastik, mulai dari bungkusan makanan, aksesoris, souvenir, dan lain sebagainya. Mungkin masih banyak lagi fungsi dari kemasan kresek yang sangat sulit saya jelaskan lebih lengkap.

3. ada keuntungan yang besar


Pernah suatu ketika saya mengorbrol santai dengan bos pengusaha plastik, ialah adalah lengganan saya, ketika ingin berbelanja pasti saya selalu mengunjungi tokonya. Saya mengobrol santai sambil diam-diam mengorek lebih dalam mengenai rahasia sukses uusahanya tersebut.

Hehehehe…

Pemilik kios atau toko tersebut dalam sehari presentase keuntungan profit yang bisa diraup bisa mencapai kisaran angka 30-40 persen, ini kategori bisnis plastik dan bahan kue

“apabila bisnis yang dijalankan perputarannya lancar, maka tidak segan-segan pihak produsen kita tadi bisa mematok harga yang lebih murah dari pasarannya, bahkan ada bonus tertenu bila membeli dalam jumlah paket yang besar”.

“Tidak hanya itu saja,  jika usaha yang dijalankan tadi cepat berkembang pesar dan cukup lama berdiri, pastinya produsen akan mau memberikan tenggang waktu dalam proses pembayarannya”. Itulah apa yang ia ucapkan kepada saya
konsep bisnis konsinyasi
Jadi kesimpulannya begini, pihak produsen akan memberikan produk plastinya terlebih dahulu, untuk prose pembayaran cukup belakangan saja, jika produk datang di hari berikutnya maka bisa membayar dengan uang cash langsung.
pola konsep konsinyasi
Kira kira seperti itu sistemnya, ini hampir sama dengan pola titip jual (konsinyasi). Adanya kepercayaan antara kedua belah pihak dengan produsen dan pemilik toko.

4. penjualan akan meningkat saat hari besar


Biasanya toko plastik tentu akan menjual aneka macam bahan dan juga peralatan lainnya yang dibutuhkan masyarakat, contohnya ketika hari besar seperti hari raya, masyarakat sangat membutuhkan bahan untuk membuat kue.

Plastik dan bahan kue memang tidak dapat dipisahkan. Jika anda tidak percaya, silakan saja kunjungi toko plastik, pastinya akan menemukan juga bahan-bahan kue yang mereka jual.

Untuk bahan-bahan dasar kue yang sering kali mereka jual ialah mentega, pewarna makanan, kismis,, kue bolu, coklat, dan lainnya yang berkaitan dengan pengolahan makanan kue.

Untuk kategori bahan dasar kue akan lebih laris saat memasuki momentum hari besar, contohnya ketika Ramadhan dan hari natal, masyarakat akan berbondong-bondong mencari toko tersebut.

Nah pada puncak seperti ini adalah momen tepat untuk para pengusaha toko plastik dan bahan kue mengeruk banyak uang, tidak heran dalam sehari saja mereka mampu mendapatkan profit hingga ratusan sampai dengan jutaan.

inilah pusat distributor plastik di kota Jakarta


- distributor Aneka plastik menara.


lokasi ada di Pasar Pagi Lama, Los T I /29-32, JL. Pasar Pagi, RT.2/RW.2, Roa Malaka, Kec. Tambora, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450
telepon: (021) 6926305

- distributor PT. Niaga Plastik.


lokasi area ada di di JL Jatinegara Timur 4, No. 8B RT 009 RW 02, Rawa Bunga Jatinegara, RT.10/RW.2, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13350
telepon:  (021) 85905788

- tangan pertama Dinamika Indo Solusindo (Supplier).


Berada di area dekat komplek pasar segar,alamat lengkap Komplek Pasar Segar Ruko Autopart Blok KDE No. 07 Cengkareng Kalideres Jakarta Barat 11840 - Indonesia Email : infosertapemasaran@yahoo.com
No wa : 0859-5925-7447

“mas, biasanya di kota besar seperti ini sangat mudah sekali untuk menemukan grosir yang murah, nah bagaimana dengan kita yang berada di daerah yang lokasinya sangat jauh “?

…untuk permasalan lokasi jauh, tentu ada salah satu solusi terbaik yakni dengan memilih jasa pengiriman jarak jauh, contohnya kargo atau ekspedisi.

Jaman sekarang ini sudah maju, semua dapat dilakukan secara online. Cukup pesan ke pabrik tersebut dengan menghubungi nomor mereka, lalu minta untuk mengirimkan paket ke pelosok hingga ke daerah tempat anda.
mencari distributor plastik di kota jakarta
silakan tulis nama distributor Jakarta tersebut di pencarian google, nanti secara otomatis akan muncul contact service mereka.

manajemen toko plastik


1. lakukan pengawasan dan juga evaluasi


Disini saya tidak menjelaskan mengenai desain, akan tetapi tentang manajemen plastik

Melakukan pengawasan sangat penting sekali untuk anda perhatikan, terutama pemilik usaha, peganglah control bisnis sendiri, jangan serahkan kepada orang lain

Untuk arti pengawasan disini berarti anda perlu memperhatikan semua kegiatan agar berjalan dengan lancar, contohnya pencatatan kerugian, keuntungan, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk evaluasi disini bisa berarti memperbaiki kesalahan maupun kekurangan yang ada pada bisnis tersebut, tujuannya tetap sama yaitu menjadi lebih baik disbanding hari sebelumnya.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi evaluasi bisa dijadikan acuan sebagai alat pengambil keputusan, contohnya jika anda ingin membuka cabang baru, menambah modal, menambah merk/varian produk, dan lain-lain.

2. Sumber daya manusia


Manfaatkan SDM (sumber daya manusia) untuk memudahkan perkembangan bisnis anda, caranya dengan merekrut karyawan untuk menjaga toko, sebelum itu didiklah mereka tentang bagaimana melayani pelanggan dengan baik.

Jangan lupa untuk memberikan juga tentang detail informasi harga produk kepada karyawan anda. Gunakan catatan nota agar lebih profesional..

Rekrut karyawan yang bisa diandalkan, utamakan jujur dalam bekerja, sebab mereka merupakan faktor utama yang membuat pembeli menjadi pelanggan tetap. Ucapkan tutur kata ramah dan santun bila ada pelanggan.

baca juga Peluang Analisa Usaha Menggiurkan Etalase Lemari Kaca Menguntungkan

Berikan apa saja detail pekerjaan yang harus mereka laksanakan setiap harinya, ini berupa job description, hargai juga pendapat dan hak mereka, berikan jadwal istirahat dan jadwal beribadah masing-masing agama (bila perlu).

Antara pemilik usaha dan karyawan merupakan suatu mitra yang sifatnya saling membutuhkan, jadi buatlah suasana kekeluargaan agar kinerja mereka bisa lebih maksimal, jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi terhadap hasil kerja.

Oh…iya, sebelum anda merekrut karyawan, perhatikan juga penghasilan bulanan bisnis tersebut. Apakah cukup atau tidak ?

3. Jangan lupa sisihkan sedikit untuk bersedekah 


Tahukah anda bahwa nilai kesuksesan orang itu bukan diukur berdasarkan dari seberapa besar materi yang ia miliki, namun bagaimana ia mampu menyisihkan sedikit penghasilan mereka untuk berbagi dengan sesama.

Usaha bisa berkah dan juga sukses bila kita bisa bersedekah ke sesama. Percaya saja bahwa tidak ada harta yang berkurang bila kita melakukan sedekah, dan tidak pula menjadi miskin.

Penutup

Itulah artikel yang sudah saya tulis mengenai analisa usaha toko plastik, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda, untuk balasan terima kasih,cukup bagikan konten ini ke media social anda.

Saya doakan usaha anda lancar tanpa kerugian. Amin , oh iya anda bisa menonton video dibawah ini sebelum mempersiapkan bisnis, semoga bermanfaat

Baca Juga: Artikel lengkap tentang Peluang usaha di desa dan Usaha sampingan di rumah
logoblog

Thanks for reading Analisa Lengkap Usaha Toko Plastik Modal Kecil Disertai Manajemen Toko Plastik Untuk Pemula

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.