Saturday, March 23, 2019

18 Desain Konsep Gerobak Jualan Modern Yang Unik Dan Disukai Pembeli

  Deka pradifta       Saturday, March 23, 2019
Gerobak unik - tahukah anda bahwa dunia kuliner indonesia sekarang ini ternyata sudah sering dilanda oleh konsep usaha semacam foodtruck atau memanfaatkan mobil pribadi sebagau tempat berjualan, lebih menariknya mereka melakukan inovasi desain terbaru agar menarik minat pembeli. Gerobak unik juga bisa anda buat dengan olahan hasil inovasi masing-masing.

Kadang-kadang juga dengan konseo food truck sering dijajakan dengan cara berkeliling di kota-kota besar yang penuh dengan kerumunan masyarakat. Nah bukan hanya konsep food truck saja, namun pembuatan gerobak unik ternyata bisa menarik minat pembeli.

Ada banyak sekali pebisnis baru di Indonesia yang mencoba merintis ke bisnis menggunakan konsep food truck, akan tetapi mereka perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, pasalnya dalam desain menarik saja mampu memakan biaya mahal. Artinya bagi yang terhimpit modal akan terasa lebih sulit.
18 Desain Konsep Gerobak Jualan Modern Yang Unik Dan Disukai Pembeli
Tapi bagi anda yang mau menjalankan bisnis kuliner agar bisa berkeliling di keramaian orang dengan modal kecil, maka solusi jawaban yang tepat untuk dicoba ialah meniru inspirasi gerobak unik sebagai media menjajakan usaha tersebut kepada pelanggan.

Bisa kategori berbagai macam menu makanan dan minuman, intinya tergantung pada inovasi masing-masing.

Kelebihan jika menerapkan konsep gerobak unik yaitu tidak perlu mengeluarkan banyak modal, hal ini dikarenakan anda tidak membutuhkan yang namanya transporyasi mobil ketika memulai bisnis jualan kulinern, jadi cukup pakai gerobak saja.

Baca juga 14 Inovasi Menu Usaha Angkringan Kekinian, Unik, Dan Modern Paling Laris

Bahkan ada yang memanfaatkan motor pribadi mereka sebagai sarana membawa gerobak tersebut berkeliling lokasi.

Inspirasi gerobak unik untuk usaha jualan

1. Memakai konsep tradisional dengan warna kayu, cukup gunakan sepeda saja untuk membawa kemana-mana

Gerobak dorong sepeda

2. Tampilan sederhana namun terlihat sangat menarik, cocok untuk menjajakan berbagai masakan

Gerobak untuk usaha

3. Kecil tapi memarik, inovasi seperti ini pasti laku pembeli

Gerobak kecil

4. Cocok untuk menjual varian jus minuman segar, karena terbilang nyentrik

Gerobak menarik

5. Hampir sama, ini cocok untuk anda jual minuman jus ketika siang hari

Gerobak jus buah

6. Tidak memakai cat warna yang neko, cukup warna kayu bisa sebagai inovasi

Gerobak sederhana

7. Gambar gerobak gorengan menarik, cukup populer di kota jogja

Gerobak gorengan

8. Gambar gerobak dorong yang sederhana


Gerobak dorong

9. Warna menarik, akan tetapi buget pembuatan cukup kecil

Gerobak murah

10. Gambar gerobak gorengan, sangat cocok yang suka mangkal di tempat ramai

11. Dibekali konsep berbagai warna agar menarik, lebih afdol berjualan minuman seperti jus

Gerobak jualan jus

12. Hampir sama seperti bentuk kebab, namun ini lebih kecil

Gerobak kebab

13. Cukup simpel, tidak menonjolkan banyak warna, namun terbilang unik

Gerobak simpel

14. Desain gerobak gorengan sederhana, sangat menggiurkan karena tampilan kekinian 

Desain tampilan sederhana

15. Tampilan sederhana dan kecil sekali, tapi desain meniru konsep modern

16. Suka mangkal di tempat keramaian, mungkin inovasi ini bisa ditiru

Gerobak tempat usaha

17. Menonjolkan warna hijau, cocok berjualan jus buah

Gerobak warna hijau

18. Di dominasi warna merah, tapi ini sekarang sudah populer dari inovasi gambar ini

Gerobak usaha warna merah

Tips strategi bisnis berjualan gerobak


1. Lokasi yang tepat


Faktor pertama kali ini yang wajib anda perhatikan adalah pemilihan lokasi usaha, ini bisa menentukan laris atau tidaknya bisnis tersebut untuk kedepannya. Apabila pemilihan lokasi yang salah dan asal-asalan, maka jangan heran perkembangan bisnis jualan makanan di gerobak unik anda tidak laku-laku.

Baca juga 7 Desain Epic Konsep Warung Usaha Angkringan Kekinian, Modern, Dan Unik

Alangkah baiknya tentukan tempat usaha yang ramai penduduk, contohnya ialah pada lingkungan kantoran, anak sekolah, dan mahasiswa. Biasanya pada lingkungan lokasi tersebut akan terus ramai pembeli, sebab targetnya tepat.

Tidak hanya itu, biasanya tempat yang sering dilewati orang-orang juga terbilang cocok untuk anda coba.

2. Biaya sewa


Tidak hanya memperhatikan pemilihan lokasi strategis untuk usaha, namun biaya sewa tempat juga harus dipertimbangkan juga ketika mendirikan usaha gerobak unik tersebut.

Pilihlah tempat usaha dengan biaya yang cukup terjangkau perbulannya, atau supaya lebih cerdas lagi bisa bangun hubungan kerja sama dengan kerabat yang ada di halaman tempat anda berjualan tersebut.

2. Menentukan pangsa pasar


Menurut saya pangsa pasar ini sangat penting untuk dilakukan pemetaan terhadap bisnis tersebut, jika target marketnya tidak tepat, maka dari mana pelanggan tersebut datang ? Nah ini yang menjadi kesalahan ketika pemula mendirikan usaha baru dengan konsep gerobak.

Memang ada berbagai macam pangsa pasar yang bisa ditargetkan oleh seorang pelaku usaha, contohnya bila desain usaha gerobak anda menonjolkan agak kekinian/modern, artinya audiens menjadi marketnya ialah kalangan anak muda, bukan orang dewasa.

Terkecuali apabila konsep anda mengedepankan tradisional, nah ini baru targetnya lebih banyak ke orang dewasa.

3. Fokus pada tahapan


Ini paling penting bagi seorang pebisnis pemula, jika sudah menjalankan usaha tersebut termasuk dalam kategori baru, maka alangkah baiknya jangan terlalu memperhatikan eksistensi untuk membuka cabang baru.

Gerobak pertama belum mencapai target, jangan sampai buka cabang kedua, artinya ini tidak fokus ketika menjalankan bisnis, yang terjadi malah berakibat kegagalan. Fokus saja pada gerobak pertama, baru proses selanjutnya jika sudah lancar targetnya.

Tidak boleh tergoda, hal ini dikarenakan bila sudah membuka cabang selanjutnya, otomatis biaya pengeluaran akan semakin membengkak.

5. Tentukan waktu


Menentukan waktu berjualan ternyata adalah faktor yang cukup penting, sesuaikan dengan target audiens akan lebih efektif, contohnya anak muda, maka waktu yang tepat ialah pada siang hari hingga sore hari. Bukan di pagi hari...

Tidak hanya itu saja, pasalnya beberapa tempat usaha harus ada izin terlebih dahulu, jadi anda tidak terus-menerus bisa buka berlama-lama. Artinya hanya di jam tertentu saja, misalnya malam hari mulai dari jam 4 pagi hingga 10 malam.

6. Mental kuat


Ini juga faktor penting yang harus diperhatikan untuk seorang pengusaha gerobak jualan yang unik, mental kuat adalah prioritas utama karena nantinya anda akan mengalami banyak sekali kendala maupun masalah lainnya yang menimpa ketika baru pertama kali berdiri.

Contohnya adalah kegagalan, dimana permasalahan seperti ini ternyata sering sekali terjadi, nah untuk solusi paling efektif dalam mengatasinya ialah teruslah banyak belajar, dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

7. Tampilkan keunikan bisnis


Jika semakin unik maka semakin tertarik juga orang lain untuk mencoba makanan yang anda jajakan, buatlah tampilan gerobak unik dari segi desain maupun dari segi inovasi konsepnya. Tidak hanya itu saja, membuat menu yang menarik juga bisa mengundang eksistensi kepopuleran usaha.

8. Buatlah nilai tambah


Walaupun bisnis yang dijajakan dalam bentuk gerobak kaki lima, buka seperti pertokoan ataupun cafe pada umumnya, nilai tambah ternyata harus diperhatikan, ini juga bisa membuat usaha gerobakan semakin berkembang.

Contohnya katakan "terima kasih" kepada pelanggan, gunakan seragam, dan lain sebagainya.

9. Berikan penawaran menarik


Cara sederhana untuk melakukan seperti ini ialah memberikan penawaran menarik seperti giveaway bagi mereka yang sering berlengganan membeli makanan anda, contohmya ipad gratis, dan lain sebagainya.

10.Gunakan faktor kali


Definisi sederhananya ialah memanfaatkan atau menambah cabang baru apabila usaha tersebut mencapai target profit yang di inginkan, misalnya 1 gerobakan mencapai profit Rp300.000, maka akan lebih efektif lagi bila membuka 6,7,8 cabang lagi.

Baca juga 7 Jenis Usaha Memanfaatkan Menggunakan Mobil Pribadi Yang Nganggur

Dibawah ini adalah video bagaimana cara membuat gerobak dari kayu, silakan ditonton saja.

Penutup


Demikianlah artikel yang sudah saya bagikan tentang inspirasj gerobak unik untuk usaha jualan, semoga artikel tersebut dapat memberikan wawasan luas kepada pembaca. Terima kasih
logoblog

Thanks for reading 18 Desain Konsep Gerobak Jualan Modern Yang Unik Dan Disukai Pembeli

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.